1. Home
  2. Update Terbaru
  3. Yang baru di TokoTalk Versi 2.0

Yang baru di TokoTalk Versi 2.0

Sebagai pengguna TokoTalk, kamu pasti sudah menyaksikan banyak pembaruan fitur-fitur dan peningkatan layanan yang kami lakukan dari waktu ke waktu. Kehadiran TokoTalk Versi 2.0 ini merupakan sebuah update besar dari kami. Versi ini tidak sekadar membawa peningkatan, tetapi juga merupakan jawaban dari feedback kamu selama ini.

Ada sejumlah fitur baru yang kami sertakan pada TokoTalk Versi 2.0 ini, berikut adalah fitur-fitur yang paling utama:

Tampilan baru lebih simpel dengan navigasi mudah

Tampilan TokoTalk Admin di Versi 2.0 lebih simpel dan mudah untuk dinavigasikan. Menu sidebar di versi baru menampilkan semua yang kamu butuhkan.

Halaman Order kini bisa diakses secara keseluruhan di Semua Order dan juga berdasarkan status di Konfirmasi Tertunda serta Pengiriman Tertunda.

Ini memudahkan kamu dalam memonitor order karena tampilan halaman jadi lebih terorganisir, terutama bagi kamu mendapatkan banyak order per harinya.

Selanjutnya, yang paling terlihat perubahannya mungkin adalah menu Pengaturan yang sekarang disajikan sebagai menu drop down. Pada menu ini, kamu bisa mengakses semua pengaturan, mulai dari Domain, Desain, Staf, dan masih banyak lagi.

Cara mengakses TokoTalk Versi 2.0 dari TokoTalk versi lama:

1. Dari TokoTalk Admin versi lama, klik logo profil kamu yang terletak di kanan atas

2. Klik Pergi ke TokoTalk Baru dan kamu akan dibawa ke TokoTalk Versi 2.0

Untuk kembali ke versi lama, klik TokoTalk Lama yang ada di menu sidebar TokoTalk Admin versi 2.0.

Selalu up-to-date soal kabar tokomu

Kamu pasti menyadari ada yang berbeda dengan tampilan Home kali ini. Sekarang, kamu akan disambut dengan status tokomu setiap kali kamu membuka TokoTalk Admin. Kamu dapat melihat jumlah Order, Pengunjung, Produk, dan juga Status Order yang perlu ditindaklanjuti pada halaman ini.

Ini sangat berguna untuk kamu yang perlu memantau tokomu setiap saat. Data-data yang kamu butuhkan lebih mudah diakses dan tentunya disajikan dengan tampilan sederhana yang mudah dipahami bahkan jika hanya dilihat sekilas.

Ubah Status Order sekaligus dalam waktu bersamaan

Mengubah dan mengelola order menjadi lebih mudah dan efektif pada versi baru kali ini. Jika di versi sebelumnya kamu hanya bisa melakukan Pengiriman Massal, di Versi 2.0 kamu juga bisa mengubah beberapa Status Order sekaligus. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Dari TokoTalk Admin, buka halaman Order
  2. Pada halaman Order, klik Semua Order
  3. Tandai order-order yang ingin kamu ubah statusnya. Centang check box yang berada di sebelah kiri kemudian klik Actions.
  4. Pilih Status Order yang kamu inginkan. Misalnya kamu ingin mengubah status Order Baru menjadi Order Lunas, atau Order Lunas menjadi Order Dikemas. 
  5. Ketika order sudah berhasil diubah, order tersebut akan pindah ke bagiannya masing-masing. Misalnya, jika kamu mengubah Order Baru manjadi Order Lunas, order tersebut akan berpindah ke bagian Lunas.

Kirim banyak order secara bersamaan

Jika pada versi sebelumnya kamu hanya bisa mengirimkan order secara massal untuk pengiriman online, pada Versi 2.0 ini kamu bisa melakukannya untuk Pengiriman Manual, Pengiriman Online, maupun JNE Online Booking (JOB). Fitur ini sangat berguna ketika kamu harus mengirimkan beberapa order sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Order yang akan dikirim bisa kamu temukan di menu Order pada kategori Semua, Baru, Lunas, dan Dikemas, atau juga di sidebar menu Order > Pengiriman Tertunda.

Kirim Order Manual sekaligus

  1. Dari TokoTalk Admin, buka halaman Order
  2. Pilih dan centang order yang ingin kamu kirim, klik Actions
  3. Masukkan nomor resi yang diberikan oleh kurir, lalu klik Simpan
  4. Sistem akan otomatis mengubah status order menjadi Terkirim ketika nomor resi diperbarui.

Kirim Order Online sekaligus

Pengiriman online tersedia untuk J&T, TIKI, dan SiCepat Ekspres. Ongkos kirim dibayar menggunakan Koin dan kemudian kurir yang bersangkutan akan mengambil paket di alamat pilihanmu.

  1. Dari TokoTalk Admin, buka halaman Order
  2. Pilih dan centang order yang ingin kamu kirim, klik Actions
  3. Klik Order Dikirim > Pengiriman Online
  4. Klik Layanan Penjemputan Paket
  5. Klik Pesan Sekarang

Mendapat kode JOB sekaligus

  1. Dari TokoTalk Admin, buka halaman Order
  2. Pilih dan centang order yang ingin kamu kirim, klik Actions
  3. Klik JNE Online Booking
  4. Klik Dapatkan Label Pengiriman JOB
  5. Klik Cetak jika kamu ingin mencetak Label Pengiriman JOB sekarang, atau kamu bisa mencetaknya nanti di halaman status order Terkirim
  6. Status JOB order-order tersebut akan berubah menjadi Dipesan
  7. Tunjukkan kode JOB kepada petugas JNE untuk verifikasi saat mengunjungi konter JNE untuk mengirim barang. Kode JOB tersebut akan otomatis berubah menjadi nomor resi ketika sudah mulai diproses.

Personalisasi filter pada halaman Order dan Produk

Kamu dapat membuat filter untuk membantumu tetap teratur saat mengelola tokomu. Pada halaman Order, kamu dapat memanfaatkan filter untuk memantau order mengelompokkan order terkait sehingga kamu dapat mengubah statusnya dengan lebih cepat. Misalnya, kamu dapat menambahkan filter untuk order dalam tiga hari terakhir yang menggunakan JNE dan butuh dikirim, maka kamu bisa membuat filter sebagai berikut:

  1. Klik Status untuk memilih Status Order, misalnya Dikemas
  2. Klik Tanggal untuk memilih rentang waktu yang kamu inginkan, lalu klik Konfirmasi
  3. Klik Filter Lain untuk memilih opsi filter yang lebih banyak, di sini contohnya kami memilih Metode Pengiriman JNE, lalu klik Konfirmasi
  4. Filter yang baru kamu buat akan muncul di menu bar paling kanan, klik Simpan Filter untuk menyimpannya. Beri nama filter baru tersebut, lalu klik Simpan

Order-order yang sesuai dengan opsi ini akan muncul di halaman filter baru, klik Simpan Filter untuk menyimpan filter.

Untuk filter di halaman Produk, cara kerjanya kurang lebih sama. Filter pada halaman Produk ini memudahkan kamu untuk memantau dan mengelola stok produkmu. Kamu bisa mambuat filter berdasarkan Kategori dan Ketersediaan Produk, misalnya untuk produk dalam kategori Skin Care yang berstatus Pre-order. Jika sudah, klik Simpan Filter untuk menyimpan filter.

Produk lebih mudah ditemukan dengan Hashtag

Tambahkan Hashtag untuk produk pada halaman detailnya. Kamu bisa menggunakan Hashtag sebagai opsi ketika kamu membuat filter di halaman Produk. Hashtag juga berguna ketika customer ingin mencari produk tertentu di tokomu.

Kamu bisa menambahkan beberapa Hashtag sekaligus untuk produk yang sama.

Mendesain toko dengan Mode Preview

Kamu bisa melihat perubahan langsung di tokomu untuk setiap opsi desain yang sedang kamu pilih. Mode Preview membuatmu bisa memilih Tampilan Latar, Tema, dan sebagainya dan menemukan kombinasi yang cocok tanpa harus mengklik Simpan terlebih dulu.

Pengaturan Desain Toko bisa kamu temukan di menu sidebar Pengaturan > Desain

Updated on 27 August 2019

Related Articles